Senin, 19 November 2012

KERAJINAN TANGAN KHAS ACEH




Uniknya Motif Batik Aceh



 Selama ini batik yang kita kenal hanya lekat berasal dari daerah-daerah di Pulau Jawa. Tapi daerah Aceh juga memiliki kerajinan tradisional yang satu ini. Daerah yang dikenal dengan sebutan serambi Mekah ini memiliki motif serta corak yang berbeda dan khas.
Batik Aceh mengeluarkan warna-warna yang cenderung berani, merah, hijau, kuning, merah muda. Salah satu kerajinan khas aceh ini biasanya  memiliki motif batik Aceh yang tertera pada kain melambangkan falsafah hidup masyarakatnya. Motif pintu misalnya, menunjukkan ukuran tingi pintu yang rendah. Motif tolak angin menjadi perlambang banyaknya ventilasi udara di setiap rumah adat, motif ini mengandung arti bahwa masyarakat Aceh cenderung mudah menerima perbedaan. Motif bunga jeumpa-bunga kantil, diambil karena banyak terdapat di aceh. Kuatnya pengaruh islam juga turut mewarnai motif-motif batik diantaranya ragam hias berbentuk sulur, melingkar, dan garis.
Batik Aceh memiliki motif yang menggunakan unsur alam dan budaya sebagai perpaduannya. Perpaduan warna yang cukup berani yakni merah, hijau, kuning serta merah muda menjadi ciri tersendiri pada batik Aceh. Tidak hanya itu, motif yang digunakan pada batik Aceh juga mengandung makna falsafah hidup masyarakat Aceh.
Motif lain yang menjadi ciri khas utama pada masyarakat Aceh adalah motif bunga Jeumpa yang memang menjadi simbol serta bunga khas yang berasal dari Aceh. Ada pula motif khas lain seperti Rencong, Awan berarak, dan motif gayo. Selain itu pengaruh agama Islam yang menjadi mayoritas di Aceh juga tercermin dari berbagai ragam hias seperti sulur, melingkar serta garis.
Batik Aceh memang memiliki keunikan tersendiri. Kesan indah dan glamor langsung terpancar dari batik khas Aceh ini. Motif yang khas menjadikan batik ini memiliki ciri serta daya tarik sendiri dibandingkan dengan batik pada umumnya.
Sebagai salah satu seni budaya Indonesia, batik Aceh terus dipopulerkan ke beragam wilayah nusantara bahkan dunia. Batik Aceh juga bukan sekedar batik dengan segala keindahan yang mengirinya. Di dalamnya terdapat makna falsafah kehidupan yang menjadi kearifan lokal dan pedoman hidup masyarakat Aceh.

1 komentar:

keyzia tiffany mengatakan...

ini mah indah banget..
terlihat glamor dan lembut..
byk yang harus dilestarikan di indonesia ini.. slah 1 nya yaaa batik begini..