Senin, 19 November 2012

KERAJINAN TANGAN KHAS ACEH




Mengenal Masyarakat Gayo Melalui Karawang Gayo 




Kerawang Gayo merupakan sebuah simbol kemegahan masyarakat Gayo. Agama, adat istiadat, kehidupan, sosial dan budaya. Masyarakat Gayo tetap menjaga kelestarian kerawang Gayo. Walau saat ini nyaris tidak ada pengembangan secara khusus, kecuali hanya dari sebagian masyarakat yang peduli. Kerawang Gayo merupakan sebuah simbol kemegahan masyarakat Gayo. Agama, adat istiadat, kehidupan, sosial dan budaya. Masyarakat Gayo tetap menjaga kelestarian kerawang Gayo. Walau saat ini nyaris tidak ada pengembangan secara khusus, kecuali hanya dari sebagian masyarakat yang peduli.
Kerawang awalnya adalah ukiran pada rumah Adat Gayo "Pitu Ruang", yang kemudian motifnya diadopsi kedalam barang-barang kerajinan khas Gayo. Bordir Kerawang memiliki corak yang khas, dimana mempunyai makna filosofi yang dalam dari setiap ukiran dan bentuknya. Bordir Kerawang Gayo ini sering dipakai untuk hiasan dinding, alas meja, motif pakaian , tas dan lain sebagainya. Motif Kerawang Gayo tidak hanya diminati masyarakat lokal saja, namun daerah Aceh lainnya juga banyak mencari motif ini. Bahkan wisatawan dari luar daerah Aceh juga menyukai kerajinan yang menggunakan Kerawang Gayo ini.
Kerawang Gayo memiliki corak yang khas, dimana mempunyai makna filosofi yang dalam dari setiap ukiran dan bentuknya. Kerawang Gayo selalu dipakai saat mengadakan kegiatan, seperti pernikahan, sunatan, hingga acara-acara resmi pemerintah. Bahkan, sering dijadikan cinderamata bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.
Bentuk-bentuk asli kerawang gayo, begitu banyak dan berbeda dari satu wilayah dengan wilayah lainnya. namun tetap pada satu bagian utama. Beberapa corak ini mengidentifikasikan keberagaman kerawang gayo itu sendiri.
Saat ini, kerawang Gayo juga telah mengalami perubahan corak karena pengembangan. Masyarakat tidak lagi ingin kerawang gayo yang kaku, melainkan lebih dinamis dan menarik.

2 komentar:

keyzia tiffany mengatakan...

motifnya lucu-lucu...
mau punya 1 pkaian adat gtu..

Anonim mengatakan...

karawang gayo keren banget